Blogger Widgets
News Update :
Home » , » CARA MERAKIT PC

CARA MERAKIT PC

Penulis : Afris Erdianata S on Sabtu, 06 November 2010 | 10.48

 KATA PENGANTAR
    Puji syukur kami ucapkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikat rahmat serta hidayah kepada kita semua, sehingga berkat Karunia-Nya kami dapat menyelesaikan laporan tentang Cara Merakit PC( Persinal Computer) ini. 
       Dalam penyusunan laporan ini, kami tidak lupa mengucapkan banyak terimakasih terutama kepada guru pembimbing kami. Karena berkat beliau lah kami dapat mengetahui cara merakit PC. Laporan ini kami buat setelah kami melakukan praktek di lab. Banyak kesulitan yang kami hadapi, namun syukur kami dapat mengatasinya. 
       Dalam penyusunan laporan ini kami berharap semoga laporan ini dapat bermanfaat bagi kami sendiri maupun kepada pembaca. Akhir kata , kami ucapkan terima kasih.


Langkah-langkah merakit PC :
 Sebelum merakit sebuah PC, kita memperlukan peralatan-peralatan sebagai berikut :Obeng (-) dan (+) , tang, dan buku catatan, AVO meter (bila diperlukan).

Kemudian untuk perakitannya, melakukan langkah-langkah berikut:
  • Ambil mother board, pasang processor dengan meletakkan sisi yang tidak ada pinnya ke tempat yang tidak ada lubangnya. Lalu kunci dengan menggerakkan tuas ke bawah dan arahkan ke kiri sampai tuas terjepit. Lalu goyangkan processor perlahan-lahan, apabila tidak bergerak, processor itu sudah terpasang dengan tepat.


  • Pasang kipas pendingin di atas processor. Kunci kipas sampai tidak bergerak
  
  •    Pasanglah memori RAM pada tempatnya dengan baik, perhatikan sudut memori yang biasanya berlekuk harus ditempatkan pada tempatnya secara hati-hati. Apabila anda terbalik memasangnya, maka memori akan sulit dimasukan. Pada jenis memori SDRAM, dudukan memori di motherboard memiliki pengunci yang akan bergerak mengunci bersamaan dengan masuknya memori ke dalamnya. 

  •        Masukan motherboard ke dalam cashing (kotak komputer), kaitkanlah pengait plastik yang biasa disediakan oleh pabrik cashing ( bila ada ), ke dalam lubang yang terdapatpada motherboard. Pada sudut yang akan di baut, bautlah motherboard pada cashing dengan rapat agar motherboard tidak goyang.
   

  •    Pasanglah kabel dari power suply ke motherboard. Juga kabel kipas.
  •    Pasanglah hard disk, floppy drive pada tempat yang telah tersedia dalam cashing CPU, kencangkan dudukannya dengan baut secara hati-hati. Bila ada CD ROM drive, pasangkan pula alat ini secara hati-hati dan dikencangkan dengan baut. Perlu diperhatikan untuk CD-ROM dan hard disk jumper terpasang dengan benar, karena akan mengindentifikasikan sebagai master atau slave, karena jika salah hard disk atau CD-ROM tidak akan terdeteksi.  


  • Sambungkan kabel data pada dudukan hard disk, flopy drive dan CD ROM drive. Kabel ini berfungsi untuk menghubungkan peralatan tersebut ke motherboard.  
Memasang kabel data ke motherboard
Memasang kabel data ke DVD-Room

 
Memasang kabel data ke HDD
  • Hubungkan konektor kabel penghubung tombol "Reset" ke pin "Reset" yang terdapat pada motherboard. Hubungkan pula konektor kabel penghubung speaker ke pin bertuliskan speaker yang ada pada motherboard. Sering ditulis dengan kode LS. Beberapa cashing telah dilengkapi pula kabel lampu indikator berikut kabel penghubungnya lengkap dengan konektornya agar perakit komputer tinggal menghubungkan saja ke motherboard.






  • Kemudian tutuplah casing dengan penutupnya.
Share this article :

+ komentar + 7 komentar

13 November 2012 08.51

keren

13 November 2012 08.52

bagus

13 November 2012 08.53

mantap

13 November 2012 08.54

salam kenal

13 November 2012 08.55

semoga bermanfaat

13 November 2012 09.03

tips yang bagus

28 November 2012 13.34

mantebs nih artikelnya, thanks gan

Poskan Komentar

Follower

Categories

 
Design Template by panjz-online | Edited by Cupris | Powered by Blogger